Kamis, 05 Juni 2014

EVIO multimedia.


sugeng ndalu,selamat malam,konbanwa and good night

saya menulis artikel ini,bertujuan untuk berbagi ilmu yang saya dapat dari training di EVIO multimedia.
ilmu pertama yng saya dapat di hari pertama training adalah tentang pengkabelan dalam multimedia.
ada beberapa jenis kabel yang di gunakan ,di sini akan saya jelaskan fungsi dari kabel dan kelebihan maupun kekurangan dari kabel tersebut.
1.kabel RCA(kabel composite)

                                                  
   kabel rca adalah kabel perantara untuk memunculkan gambar dan video dari dvd atau perangkat lainnya ke monitor. Kabel rca ini terbilang kurang praktis,karena kabel video dan audionya terpisah, kualitas videonya pun akan kelihatan kurang bagus apabila di koneksikan ke LCD TV yng memiliki resolusi tinggi..namun kabel jenis ini masih sering dipakai dalam multimedia .karena tidak terlalu mahal harganya.untuk kabel merah dan putih adalah kabel audio.sedangkan yng warna kuning adalah kabel video.
2. .S VIDEO (SUPER-VIDEO)

Kabel S-VideO ini memberikan tampilan gambar lebih baik dibandingkan dengan kabel komposit. Cara mengenali kabel ini adalah kabel tunggal dengan konektor s-video 4 pin atau 9 pin.



3.Kabel COMPONENT (Component Video)

Kabel ini disebut juga kabel DVD input.Kabel ini jauh lebih baik daripada kabel sebelumnya,karena sinyal video dibawa oleh 3 buah kabel secara terpisah,jadi total keseluruhan dari kabel ini ada 5 buah.kabel merah,hijau dan biru untuk sinyal video,sementara merah dan putih untuk sinyal audio.resolusi yg ditampilkan s/d 480pixel.Namun,akan tampak tidak rapi melihat banyaknya kabel

4.DVI (Digital Video Interlaces)
 
Digital Visual Interface (DVI) digunakan untuk menghubungkan sumber video ke Monitor atau proyektor.Kabel ini hanya mengantarkan sinyal video.Video yg dihasilkan jauh melebihi kabel yg terdahulu,karena sudah menggunakan sistem digital.resolusi yg ditampilkan sudah HD (High Definition-Definisi Tinggi) yakni 1080pixel


5. VGA
 

Kabel VGA ini mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor.Dibandingkan dengan DVI yg sudah digital,kabel ini masih menggunakan sistem analog.Pengertian analog disini adalah masih menggunakan system pembagian warna yakni merah (red),hijau (green) dan biru (blue),hamper sama seperti kabel component,hanya saja lebih baik.Kabel ini hanya mengantarkan sinyal video

6.HDMI (High Definition Multimedia Interfaces)

Kabel hdmi ini bias dibilang kabel yang menghasilkan video dan audio dengan kualitas terbaik di banding dengan kabel lain nya. Itu karena kabel ini dapat mengkonfersi audio dan video dengan resolushi yang tinggi.dan kabel ini lebih praktis daripada menggunakan kabel RCA yng kabel video dan audionya terpisah.namun kelemahan kabel ini terdapat pada harganya yng masih mahal.



7. IEEE

kabel mac ieee 1394b firewireKabel IEEE atau bias disebut FIRE WIRE kabel ini digunakan untuk capture video ke computer.agar bias dip roses ke step berikutnya.
8.BNC

  bnc atau disebut Bayonet Neill–Concelman atau disebut juga conector audio video.dan digunakan pada broadcase tv analog.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar