Jumat, 06 Juni 2014

PROYEKTOR (EVIO MULTIMEDIA)

Untuk tema artikel kali ini adalah tentang Proyektor,
Mungkin sudah banyak yang tahu tentang proyektor,tapi apa kah semuanya sudah tahu tentang fungsi proyektor dan jenis dari proyektor itu sendiri?,,,
Jadi dalm artikel ini saya akan menerangkan tentang fungsi,jenis,dan tipe proyektor itu sendiri,
            Proyektor adalah perangkat yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan Teknologi display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.

            Untuk saat ini proyektor itu sendiri terbagi beberapa jenis,

1.     LCD (liquid cristal display)

Bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya yang dihasilkan oleh panel-panel LCD. Proyektor lcd di bagi menjadi 3 panel yng berdasar kan warna dasar yaitu R-G-B (RED-GREAN-BLUE). Jadi warna yng dihasilkan berasal dari 3 panel tersebut.


2.  CRT(catoda ray tube)

CRT yng juga sering disebut dengan catoda ray tube memanfaatkan Proyektor kuno tabung gambar yang telah digunakan pada TV konvensional selama beberapa dekade. Dengan jenis proyektor ini, tiga CRT, plus lensa pembesar, digunakan untuk melemparkan sebuah gambar ke layar.
Karena preyektor ini terbilang besar dan berat,proyektor jenis ini jarang dipakai


3.  DLP(digital light processing)
Digital Light Processing atau yang disingkat dengan DLP kali pertama dikembangkan oleh Texas Instrument. Pada DLP, cahaya terlebih dahulu akan mengenai sebuah Color Filter berbentuk roda. Kemudian warna yang diperoleh akan mengenai Digital Micromirror Devices (DMD). Keberadaan DMD membuat DLP hanya membutuhkan satu set optic saja. Kesederhanaan ini membuat proyektor DLP lebih ringkas dan ringan. Serta gambar yng dihasilkan pun lebih baik.


4.  Proyektor LCOS

Teknologi yang terakhir ini memanfaatkan keunggulan dua teknologi yang sudah hadir sebelumnya, yaitu LCD dan DLP. Teknologi LCOS lebih mudah diproduksi dan ringan dibandingkan LCD. Resolusi yang dihasilkan juga lebih baik dari LCD.  Bahkan resolusi teknologi ini d iperhitungkan dapat mencapai QXGA, yaitu 2048×1536 pixel. Sangat tinggi, bahkan yang tertinggi. Teknologi ini juga mengurangi artefak yang muncul pada LCD.
perbandingan antara LCD,DLP,LCOS

  Selain itu, LCOS memiliki kontrol analog seperti layaknya LCD dengan gradasi warna yang lebih baik d 
ibandingkan DLP. Contrast ratio teknologi ini juga lebih baik dibandingkan LCD

Selain dibagi menurutjenisnya ,proyektor di bagi pula berdasarkan resolusinya. Macam resolusinya di bagi dengan istilah VGA,SVGA,XGA,UXGA dan WUXGA.  
Pembagian ini berdasarkan resolusi dari proyektor tersebut. Satuan resolusi diukur dengan satuan ANSI LUMENS atau bniasa disebut LUMENS saja. Jadi jika satuan LUMENS nya semakin tinggi maka hasil gambar nya pun semakin bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar